13/11/16

RANGKAIAN TES KESEHATAN KEBUGARAN (TKK) USM PKN STAN

Rangkaian Tes Kesehatan dan Kebugaran USM PKN STAN (TKK) - TKK adalah tahap kedua dari tiga tahap USM PKN STAN. Tes ini biasanya diselenggarakan dua atau tiga minggu setelah pengumuman kelulusan tahap pertama. Dilihat dari namanya, tentu saja tujuan dari tes ini adalah mengeliminasi para peserta USM PKN STAN yang tidak dinyatakan sehat dan bugar. 

TKK biasanya dilaksanakan selama 4 hari, bisa kurang atau lebih tergantung banyaknya peserta yang mengikuti. Tempat pelaksanaan adalah di Balai Diklat Keuangan (BDK) atau tempat lain di setiap kota di mana peserta memilih lokasi tes. Peserta tidak diperkenankan melakukan pergantian tempat tes ini. Misalnya ketika pendaftaran awal Anda memilih lokasi tes di Yogyakarta, jika lolos tahap pertama maka Anda diwajibkan mengikuti TKK di Yogyakarta. 

ilustrasi tkk stan

Gambaran Mengenai TKK USM PKN STAN

Tahap ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah Tes Kesehatan. Setelah dinyatakan sehat, peserta diperkenankan mengikuti Tes Kebugaran.

  1. Tes Kesehatan
    Pada bagian ini peserta diminta untuk memasuki beberapa ruangan untuk dites kesehatannya seperti mini medical check up. Di antaranya adalah buta huruf, telinga hidung tenggorokan (THT), gigi, varises, tensi darah, perut, dll (terdapa perbedaan di beberapa daerah). Ditanyakan juga apakah peserta pernah melakukan operasi atau tidak, dan apakah peserta mempunyai riwayat penyakit atau tidak. Jika dinyatakan sehat, peserta dipersilakan untuk mengikuti Tes Kebugaran yang dilaksanakan di lapangan. 
  2. Tes Kebugaran
    Setelah dinyatakan sehat, peserta dipersilakan mengikuti bagian ini. Bagian ini terdiri dari dua tes, yaitu lari keliling lapangan dan shuttle run. Lari keliling lapangan dilaksanakan selama 12 menit tanpa jeda. Tidak ada jarak minimal yang harus ditempuh. Peserta harus memanfaatkan waktu tersebut se-efektif mungkin. Selanjutnya peserta diizinkan istirahat dan minum sekitar 10 menit. Dilanjutkan shuttle run atau biasa disebut lari angka 8 karena memang berari membentuk angka 8. Terdapat dua tiang yang dipisahkan dengan jarak sekitar 10 meter. Tiang-tiang tersebut sebagai patokan bagi peserta kapan haru berbalik arah. Peserta diharuskan berlari membentuk angka 8 sebanyak 3 kali putaran. Tidak ditentukan berapa waktu minimal yang harus dicapai oleh peserta. Lakukan secepat mungkin. 
Itulah gambaran rangkaian Tes Kesehatan dan Kebugaran USM PKN STAN. Yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan tes tersebut adalah dengan menjada pola hidup sehat serta lakukan kebiasaan jogging di sore atau pagi hari untuk melatih daya tahan tubuh Anda agar dapat bertahan selama 12 menit ketika lari keliling lapangan. 

0 komentar:

Posting Komentar

Tamu yang baik adalah yang meninggalkan kesan baik, silakan tuangkan kesan Anda di sini.