07/11/16

APA SAJA TAHAP-TAHAP USM PKN STAN?

1. Tentang PKN STAN
Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) adalah salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Setiap tahun puluhan ribu hingga ratusan ribu peserta dari seluruh penjuru Indonesia berlomba-lomba untuk menjadi mahasiswa baru perguruan tinggi tersebut.

2. Jalur Masuk PKN STAN
Banyak sekali pertanyaan yang sering dilontarkan lulusan SMA terkait Jalur Masuk PKN STAN, di antanya adalah :

  1. Apakah ada jalur Undangan (SNMPTN) Masuk  PKN STAN ?
  2. Apakah ada jalur SBMPTN atau UM PKN STAN?
  3. Bahkan di mesin pencarian google banyak penelusuran dengan keyword Cara Masuk STAN Melalui Jalur Undangan. 
Lalu apa jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut?
Jawabannya adalah TIDAK. Satu-satunya jalur seleksi masuk PKN STAN adalah Ujian Saringan Masuk PKN STAN (USM PKN STAN). Tidak melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), ataupun Seleksi Mandiri (SM).Tentu saja, karena PKN STAN bukanlah Perguruan Tinggri Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) melainkan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). 

Sebelum tahun 2011, USM PKN STAN (ketika itu masih USM STAN) hanya terdiri atas Ujian Tertulis saja, namun mulai tahun 2011 USM PKN STAN terdiri atas Tiga Tahap USM PKN STAN, yaitu Tes Tertulis, Tes Kesehatan dan Kebugaran (TKK), dan Wawancara. Khusus untuk tahun 2015, tahap ke tiga yaitu wawancara ditiadakan.  Kemudian pada USM PKN STAN 2016, wawancara tetap ditiadakan namun terdapat satu tahap baru yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang biasanya dilaksanakan setelah mahasiswa dinyatakan lulus dari PKN STAN. Sehingga mulai tahun 2016 tahap-tahap USM PKN STAN adalah Tes Tertulis, TKK, dan TKD.


Tahap-Tahap USM PKN STAN
  1. Tes Tertulis 
    Ujian tertulis ini meliputi materi Tes Potensi Akademik (TPA) yaitu  tes untuk mengukur sejauh mana potensi seorang calon mahasiswa di bidang akademis, sejauh mana ia nanti dapat berkembang, dan  mengukur kemampuan dasar seorang calon mahasiswa. Selain TPA ada satu lagi materi yang diujikan yaitu Tes Bahasa Inggris (TBI). TBI menguji sejauh mana kemampuan calon mahasiswa pada ilmu verbal yaitu bahasa Inggris. Bahasa Inggris yang diujikan pada USM PKN STAN levelnya seperti TOEFL. Kemampuan grammar amat penting untuk menaklukan tes ini. Tes ini merupakan tes dengan rasio persaingan paling tinggi karena melibatkan seluruh peserta, hasil tes ini biasanya diumumkan dua minggu setelah pelaksanaan. Jika lulus tes ini maka peserta berhak mengikuti tahap berikutnya.
  2. Tes  Kesehatan dan Kebugaran
    Tes ini adalah tahap kedua dari serangkaian tes USM PKN STAN, biasanya dua sampai tiga minggu setelah dinyatakan lolos tes tertulis. Di sini calon mahasiswa akan dites kesehatannya seperti mini medical check up seperti cek tensi darah, varises, THT, buta huruf, dll. Jika dinyatakan sehat pada tahap ini maka calon mahsiswa akan lanjut dites kebugarannya, jika tidak dinyatakan sehat, maka peserta tidak berhak mengikuti tahap selanjutnya dan dinyatakan gugur. Pada tes kebugaran peserta diminta lari dalam waktu 12 menit dan lari shuttle run (angka 8). Tes ini berguna untuk mengetes kebugaran dan tingkat kefokusan peserta.
  3. Tes Kemampuan Dasar (TKD)
    Tes Kompetensi Dasar adalah tes yang diselenggarakan untuk mengukur kemampuan dasar yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan seseorang jika yang bersangkutan bekerja atau memangku jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil. Tes ini dalakukan berbasis komputer (Computer Assisted Test/CAT). Materi yang diujikan adalah Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Karkateristik Pribadi (TKP). Terdiri dari 100 soal dan dikerjakan dalam waktu 90 menit.
  4. Tes Wawancara (Sudah ditiadakan). 
    Isi dari tes ini adalah menggali pribadi dan karakter dari si calon mahasiswa. Jawablah dengan benar dan jangan mengada-ada. Tampilkan diri apa adanya dan jujur. Karena jika kita berbohong pasti si pewawancara tahu.  Pada tahun 2013 dan 2014, tes kesehatan dan kebugaran, serta wawancara diselenggarakan dua hari berturut turut. Namun pada tahun 2011, peserta harus menunggu beberapa minggu sebelum dinyatakan lulus Tes  Kesehatan dan Kebugaran dan berhak mengikuti tes wawancara.
Itulah tahap-tahap USM PKN STAN yang harus dilewati agar bisa menjadi mahasiswa PKN STAN, yang terpenting bagi Anda sekarang adalah mempersiapkannya dengan baik agar bisa melewati semua tahap dengan baik. Semua akan terasa mudah dengan persiapan yang baik. 

0 komentar:

Posting Komentar

Tamu yang baik adalah yang meninggalkan kesan baik, silakan tuangkan kesan Anda di sini.