17/11/16

INI YANG HARUS ANDA PELAJARI UNTUK LOLOS TKD USM PKN STAN

Ujian Saringan Masuk PKN STAN terdiri dari 3 tahap, yaitu Tes Tertulis, Tes Kesehatan dan Kebugaran (TKD), serta Tes Kemampuan Dasar (TKD). TKD biasanya diselenggarakan setelah mahasiswa PKN STAN dinyatakan lulus mengikuti pendidikan, tujuannya adalah sebagai ajang seleksi bagi mereka untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun mulai tahun 2016, TKD diselenggarakan bersamaan dengan serangkaian USM PKN STAN. 


Artikel ini khusus membahas mengenai TKD. Dalam serangkaian USM PKN STAN, TKD diselenggarakan paling akhir. Tes ini diselenggarakan berbasis komputer (Computer Assisted Test-CAT) sehingga para peserta akan langsung mengetahui perolehan nilai serta lulus atau tidaknya mereka.  Jika dinyatakan lulu maka peserta masih akan menunggu pengumuman final yaitu akumulasi antara Tes Tertulis, TKK dan TKD . Jika tidak lolos, maka peserta dinyatakan gugur saat itu juga. 
TKD terdiri dari 3 bagian, yaitu Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

A. Tes Intelegensi Umum (TIU)
Tujuannya untuk menilai kompetensi peserta dalam hal kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika, serta kemampuan analisis.
- Kemampuan Verbal adalah kemampuan untuk menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis.
- Kemampuan Numerik adalah kemampuan untuk melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.
-Kemampuan Berpikir Logis adalah kemampuan untuk melakukan penalaran secara runtut dan sistematis.
-Kemampuan Berpikir Analitis adalah kemampuan untuk mengurai suatu permasalahan secara sistematik.



B. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
Tujuannya untuk menilai kompetensi peserta dalam hal penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai Empat Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:
- Pancasila
- Undang Undang Dasar 1945
- Bhinneka Tunggal Ika
-Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata Negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar).


C. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
Untuk menilai kompetensi atau kepribadian peserta,yang terkait dengan :
-Integritas
-Semangat berprestasi
-Kreativitas dan inovasi
-Orientasi pada pelayanan
-Kemampuan mengendalikan diri
-Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
-Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan
-Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain
-Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
-Orientasi kepada orang lain
-Kemampuan beradaptasi


TKD diselenggarakan dalam waktu 90 menit untuk tiga bagian soal, yaitu TIU, TWK, dan TKP. Tiap-tiap bagian terdiri dari jumlah soal, bobot penilaian dan passing grade yang berbeda. 

10 komentar:

  1. maaf mau tanya , untuk materi TWK apakah materi sejarah seperti kerajaan itu masuk ? atau cuman sejarah perjuangan bangsa doang ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Termasuk sejarah kerajaan. Sejarah Indonesia dari masa kerajaan, penjajahan, perjuangan kemerdekaan, hingga sekarang.

      Hapus
  2. Itu berarti untuk lulus STAN adalah perankingan nilai akumulasi semua tes? Bukan perankingan nilai TKD bagi yg lolos ambang batasnya? Jadi misalnya lolos ambang batas TKD dan skor TKDnya tinggi belum tentu lolos STAN?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali. Peserta yang tidak berhasil lolos TKD dapat dipastikan gugur pada hari pelaksanaan tes. Peserta yang berhasil lolos masih menunggu pengumuman final PMB PKN STAN. Peserta yang dinyatakan diterima akan tertera namanya di file pengumuman final PMB PKN STAN.

      Hapus
  3. apakah penerimaan sebagai mahasiswa PKN STAN semua nilai dari tahap 1 sampai TKD di akumulasi semua atau cuman nilai TKD doang yang diurutin ?

    BalasHapus
  4. apakah penerimaan sebagai mahasiswa PKN STAN semua nilai dari tahap 1 sampai TKD di akumulasi semua atau cuman nilai TKD doang yang diurutin ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Admin tidak tahu pasti, namun setelah TKD usai dan hasilnya diketahui. Peserta harus menunggulagi untuk beberapa waktu, jadi kemungkinan besar akumulasi semua tahap. Seandainya TKD saja yang diurutkan tentu tidak rasional karena Tahap 1 dan 2 lebih krusial.

      Hapus
  5. min, materinya seputar indonesia apa sampai luar indonesia? kaya revolusi amerika, dewan inggris dsb gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Materi TWK meliputi 4 Pilar Dek Aditya : Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Nah, NKRI ada sejarah Nasional Indonesia dan Sejarah Internasional yang luas cakupannya.

      Hapus
  6. Apakah tkd yang lolos passing grade namun setelah diperingkat nasional ternyata peringkat melebihi batas mahasiswa yang diterima stan masih bisa diterima di stan? Apakah ada mahasiswa stan yang mengalami hal seperti itu? Terimakasih

    BalasHapus

Tamu yang baik adalah yang meninggalkan kesan baik, silakan tuangkan kesan Anda di sini.